02 April, 2009

LOLITA

Lolita adalah novel indah yg abadi, Sempat dilarang beredar di Amerika Serikat, Novel ini hingga kini terus diperbincangkan orang dan menjadi buku laris di berbagai negara. Lolita bahkan di anggap sebagai salah satu novel terbaik sepanjang masa oleh sejumlah kritikus sastra.Sedemikian populernya kisah ini hingga sempat 2 kali di Film kan.

Lolita berkisah tentang pengakuan seorang profesor setengah baya bernama Humbert, yg terobsesi seorang gadis remaja, Dolores Haze—Sang Lolita. Untuk bisa berdekatan dgn Dolores, Humbert menikahi ibu gadis itu.

Setelah sang ibu tewas dlm sebuah kecelakaan, humbert membawa anak tirinya berkelana mengelilingi Amerika Serikat, menikmati cinta terlarang dengan segala manis getirnya.

Kisah ini bernuansa muram, tetapi tak kehilangan sentuhan humor. Ia menjadi indah antara lain karena kepiawaian Penulis dalam melukiskan nuansa Psikologis tokoh2 nya, terutama sosok LOLITA yg lincah dan misterius, serta Humbert yg berkepribadian rumit. Diatas segalanya, Novel Kontroversial ini adalah kisah Luar biasa ttg kekuatan cinta dlm hidup manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar